Selasa, 15 Februari 2011

Ortu Harus Terlibat Pendidikan Anak

Pendidikan anak merupakan tanggung jawab utama orang tua. Terutama untuk pendidikan anak usia dini (PAUD), orang tua jangan menyerahkan sepenuhnya pendidikan anak kepada bunda PAUD. Sebab, bunda PAUD hanya membantu orang tua dalam mendidik anak.

Agar pendidikan anak dapatoptimal, perlu ada persamaan persepsi antara orang tua dan bunda PAUD. Berdasar ha] tersebut, Pemprov Jatim mencanangkan program penguatan PAUD berbasis keluarga [parenting). Di antara 803 pos PAUD terpadu (PPT) di Surabaya, terpilih satu PPT untuk menjalankan program itu. Yaitu, PPT Pelangi Kelurahan Jemur Wonosari, Wonocolo.


Pembina Tim Penggerak PKK Dyah Katarina mengatakan, program tersebut harus bisa dimanfaatkan oleh orang tua agar mendapatkan pengetahuan yang mendalam tentang pendidikan anak. "Orang tua siswa PPT Pelangi harus rajin datang dan lebih pintar daripada orang tua yang lain. Sebab, kita sudah mendapatkan kesempatan dan ilmu mendatangi kita," ucapnya saat launching program tersebut di pendapa Kelurahan lemur Wonosari kemarin (29/1).

Sementara itu, Ketua I Forum PAUD Jatim Gadis Heria Nur Diana mengatakan, mulai tahun ini pemerintah semakin memperhatikan PAUD. Karena itu, pemprov mencanangkan program tersebut. "Dengan keterlibatan orang tua dalam PAUD, diharapkan orang tua menyadari potensi anak sebagai individu. Anak satu berbeda dengan yang lain. Begitu pula kebutuhannya," paparnya.

Karena itu, orang tua perlu terlibat aktif dalam pendidikan anak, termasuk terlibat di dalam kelas. Menurut Gadis, saat ini seluruh kabupaten/kota di Jatim sedang berlomba dalam program tersebut. Dia berharap agar Surabaya sebagai salah satu binaannya bisa terpilih sebagai salah satu percontohan.

Ketua PPT Pelangi Chasanah mengatakan, sebenarnya keterlibatan orang tua sudah menjadi program. Hanya, selama ini PPT Pelangi melaksanakan program tersebut secara mandiri. "Dengan adanya dana dari pemprov ini, pelaksanaan program tersebut bisa lebih dioptimalkan," tuturnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar